Minggu, 26 Oktober 2014

Menata Perkarangan Rumah Yang Sejuk

(Analisa/Ferdy) TANAMAN HIAS: Kegemaran menanam dan merawat tanaman hias di pekarangan rumah membuat hunian semakin asri dan segar.
Oleh: Ir. Fadmin Prihatin Malau. PEKARANGAN merupakan satu syarat dari sebuah rumah yang sehat dan sejuk. Kini rumah di perkotaan banyak tidak memiliki pekarangan, sebab lahan sangat terbatas, dan hanya memiliki teras rumah merangkap pekarangan.

Pekarangan adalah sebidang tanah di sekitar rumah yang sering dipagari dan ada yang tidak dipagari, dan biasanya ditanami beranekaragam tanaman berumur panjang dan pendek, tanaman menjalar, memanjat, semak serta terkadang ada ternak.

Bila pekarangan ditata dengan baik akan menciptakan ekosistem yang bermanfaat bagi semua penghuni rumah dan masyarakat sekitar.

Menata pekarangan dengan tanaman sangat baik dan bermanfaat, dan akan menghasilkan lingkungan yang baik, bersih dari sampah basah dan kotoran ternak karena dijadikan kompos sebagai pupuk tanaman.

Pekarangan yang ditata dengan baik dan indah dapat pula menimbulkan kedamaian dan ketenangan jiwa bagi penghuninya serta lingkungan pekarangan itu.

Pekarangan juga wadah penyalur hobi bertanam-tanaman, berkebun, mengoleksi berbagai jenis tanaman, memelihara satwa berupa burung dan jenis hewan lainnya. Selain itu sebagai arena berolahraga ringan.

Memanfaatkan Pekarangan dengan Tepat

Banyak rumah dengan pekarangan memadai tetapi tidak ditata dengan tanaman yang tepat. Sebaliknya rumah dengan pekarangan kurang memadai (sempit) terlihat indah bila dihiasi dengan tanaman yang tepat. 

Pekarangan yang ditanami beraneka jenis tanaman obat-obatan, buah-buahan, sayur-sayuran, bunga akan sangat bermanfaat bagi pemiliknya. Tanaman ini sepanjang tahun akan dapat dikonsumsi. 

Tanaman Berbahaya

Kita juga harus pandai memilih tanaman yang tepat di pekarangan rumah dan memperhatikan manfaatnya. Tidak semua tanaman aman bagi anggota keluarga meskipun terlihat indah, karena ada jenis bunga yang berbahaya.

Kandungan racun bunga Daun Bahagia terdapat pada getah daun dan batangnya, sehingga sangat berbahaya. Jadi tidak baik diletakkan di teras rumah. 
Ada tanaman yang sangat indah dan banyak ditanam di pekarangan, namanya bunga Trumpet Malaikat (Angels Trumpet) atau dikenal bunga Kecubung. Tanaman ini bisa membuat orang mabuk karena memiliki zat Hallucinogen yang dapat menyebabkan seseorang berhalusinasi. 

Bila tanaman ini dibakar, asapnya bisa membuat orang yang menghirupnya mabuk. Dari hasil penelitian bunga Trumpet Malaikat memiliki kandungan atropine hyoscyamine dan scopolamine yang merupakan zat penghilang kesadaran, bersifat addictif, dan bila termakan bisa membahayakan kesehatan.

Bunga lain yang berbahaya adalah bunga Castor dan Beladonna. Bunga Beladonna atau Ceri memiliki buah berwarna hitam seperti anggur. Bila dimakan mulut akan kering, sakit kepala, kesulitan bernafas dan kejang-kejang. Seluruh bagian tanaman ini beracun.

Tanaman Rosario Pea dikenal dengan nama Mata Kepiting atau Jumbie Manik juga memiliki bunga yang indah dan buah seperti tomat berwarna merah muda dengan rasa manis. Racunnya sangat ganas dan bisa mematikan bagi yang memakannya. 
Rosario Pea merupakan jenis tanaman merambat yang biasa dijadikan pagar hidup pekarangan. Di beberapa daerah, anak-anak sering memetik buahnya untuk dijadikan manik-manik sebab warnanya indah. Bunga Wolfsbane, dan Hemlock Air juga berarun.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) dalam penelitiannya terhadap sejumlah tumbuhan tertungkap beberapa tanaman hias mampu menyerap polutan dan gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang ada di udara.

Bila jenis bunga ini ditanam maka udara di lingkungan sekitarnya menjadi bersih. Tumbuhan lain yang bermanfaat adalah lidah buaya. Tanaman ini dapat menyuburkan rambut, menyembuhkan luka bakar, sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, makanan dan minuman kesehatan. Lidah buaya juga dapat menyerap polutan, polusi udara sehingga mampu mampu menetralisir racun benzene dan formaldehida (formalin). Begitu juga dengan bunga lidah mertua (Sansevieria) yang mampu menyerap racun atau polutan berbahaya di udara. 

Tanaman yang memiliki sekitar 70 spesies ini juga bisa menyerap radiasi dari komputer, televisi, handphone. Jadi sangat baik diletakkan di ruangan yang ada perangkat internet, televisi, handphone dengan mempergunakan pot. 

(Penulis adalah Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, pemerhati masalah lingkungan hidup).



1 komentar:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus