Selasa, 21 Oktober 2014

Berkebun Untuk Kebugaran

Dulu, orangtua Anda pasti menyukai berkebun atau bertanam. Sayangnya, kini kegiatan berkebun tak sering lagi kita lakukan. Untuk menyiangi rumput saja kita meminta bantuan tukang rumput keliling atau asisten rumah tangga kita.

Padahal, berkebun sangat baik bagi kesehatan . Apa saja manfaat dari berkebun , berikut beberapa yang perlu Anda ketahui dari psikolog Amanda Hawkins:

1. Berkebun dianggap sebagai latihan yang mengeluarkan intensitas sedang. Menurut Center for Disease Control and Prevention (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), Anda dapat membakar hingga 330 kalori selama satu jam saat berkebun. Jumlah tersebut lebih dari mengangkat beban untuk waktu yang sama.

2. Hanya dengan 30 menit melakukan aktivitas berkebun dalam seminggu, Anda dapat mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi. Bahkan menurut The National Heart, Lung, and Blood Institute, berkebun bisa memerangi tekanan darah tinggi.

3. Ketika Anda berkebun di luar ruangan, sama artinya dengan berjemur di bawah sinar matahari. Saat itu, Anda akan menyerap banyak vitamin D hingga membantu tubuh menyerap kalsium. Kalsium membantu menjaga tulang Anda agar kuat dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Tapi ingat, lakukan kegiatan ini saat pagi hari, ya!

4. Walaupun mungkin terdengar sedikit klise, menurut Anna Ranieri, PhD., saat berkebun atau menanam, Anda bisa menurunkan stres. Cobalah memandang pohon-pohon dan merasakan tanah di antara jari-jari Anda saat menggali tanah. Saat menggali tanah dan memasukkan bibit tanaman, pikiran Anda akan fokus sehingga dapat melatih konsentrasi Anda.

5. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychology Evolusioner  menunjukkan, saat Anda memangkas tanaman, sebenarnya Anda sedang memetakan dampak emosional di sekitar bunga. Anda bisa tersenyum saat melihat bunga-bunga tersebut dan memberikan efek positif pada suasana hati Anda bukan?

0 komentar:

Posting Komentar